%0 Generic %A Supardi, SULASTERI %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:809 %I Fakultas KIP %T MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV B SDN 1 NATAR %U http://digilib.unila.ac.id/809/ %X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika di kelas IV B SDN 1 Natar. Pemecahan masalah rendahnya partisipasi siswa di kelas IV B SDN 1 Natar adalah dengan penerapan tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya, partisipasi siswa di kelas IV B SDN 1 Natar dalam pembelajaran matematika tampak mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus terhadap 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan analisis data dilakukan secara diskriptif dengan persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang atau rendah, sedangkan tingkat keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil atau tidak berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tinggi karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100%. 2. Frekwensi siswa yang bertanya tinggi, karena keberhasilan mencapai 72% sedang kriteria yang ditetapkan 70%. 3. Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang, meskipun belum memenuhi kriteria tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan. 4. Siswa yang mampu menjawab pertanyaan tinggi. Karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 82% dari kreteria 80%. 5. Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. 6. Prestasi belajar siswa tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 92 % dari kriteria 90 % siswa yang mencapai KKM. Kata kunci : Belajar, Pembelajaran, Matematika, Metode Tutor Sebaya