?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERDIFERENSIASI+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK%0D%0A&rft.creator=Dewi%2C+Latifah&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=379+Masalah+kebijakan+publik+dalam+pendidikan%3B+peraturan-peraturan+pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Berdiferensiasi+ditinjau+dari+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+eksperimental+semu+dengan+pola+desain+%0D%0Ayaitu+Pretest-postest+Non-equivalen+Control+Group+Design.+Subyek+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+X+SMA+N+1+Tanjung+Bintang+yang+berjumlah+360+orang+%0D%0Adengan+sampel+diambil+dengan+teknik+cluster+random+sampling%2C+sehingga+terpilih+%0D%0A72+peserta+didik+yaitu+kelas+X-4+dan+X-6.+Data+kemampuan+berpikir+kreatif+diambil+%0D%0Amenggunakan+tes+dan+dianalisis+menggunakan+Uji+Independent+Sample+T-Tes%2C+sedangkan+data+keterlaksanaan+sintaks+dan+tanggapan+peserta+didik+diambil+dengan+angket+dan+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+analisis+data+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+kreatif+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+(N-gain+0%2C59)+dan+berbeda+nyata+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+(N-gain+0%2C29).+Hasil+ini+didukung+oleh+uji+effect+size+berkategori+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D+(2%2C22)%2C+yang+artinya+bahwa+model+PBL+Berdiferensiasi+berpengaruh+besar+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif.+Kemampuan+berpikir+kreatif+tertinggi+pada+kelas+eksperimen+terdapat+pada+indikator+Fluency+(N-gain+0%2C65)+dengan+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+dan+terendah+pada+indikator+Elaboration+(N-gain+0%2C55).+Hasil+analisis+angket+tanggapan+menunjukkan+bahwa+pada+kelas+eksperimen+memberikan+tanggapan+yang+lebih+positif+(92%2C50%25)+dibandingkan+kelas+kontrol%2C+dengan+seluruhnya+(100%25)+menyatakan+sintaks+pembelajaran+terlaksana+dengan+lengkap+dan+benar.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penerapan+model+PBL+berdiferensiasi+berpengaruh+signifikan+%0D%0Aditinjau+dari+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Kemampuan+Berpikir+Kreatif%2C+Model+Problem+Based+Learning+Berdiferensiasi%2C+Perubahan+Iklim.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2024-12-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80908%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80908%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80908%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Dewi%2C+Latifah++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERDIFERENSIASI+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F80908%2F