<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA)"^^ . "Kasus down syndrome di Kota Bandar Lampung menunjukkan peningkatan, Badan\r\nPusat Statistik (BPS) mencatat 963 penyandang disabilitas, di mana 200 di\r\nantaranya adalah anak down syndrome. Komunitas Sahabat Difabel (Sadila) hadir\r\nuntuk memberikan pelatihan dan pendampingan, mendukung masyarakat difabel\r\nagar lebih mandiri, dan mensosialisasikan kemampuan mereka melalui seni tari.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi dalam pembelajaran\r\nseni tari bagi anak down syndrome di komunitas Sadila. Penelitian ini menggunakan\r\nmetode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menganalisis strategi\r\nkomunikasi dalam pembelajaran seni tari pada anak down syndrome yang\r\nberpedoman pada strategi komunikasi menurut Marwell dan Schmith serta\r\nmenganalisis dampak pengembangan soft skill pada anak down syndrome melalui\r\npembelajaran seni tari yang berpedoman pada teori blajar sosial. Hasil penelitian\r\nmenunjukkan bahwa pengajar seni tari di komunitas Sadila menggunakan lima\r\nstrategi komunikasi menurut Marwell dan Schmith. 1). Strategi komunikasi\r\npemberian penghargaan difokuskan pada pujian dan pengakuan untuk memotivasi\r\nanak down syndrome 2). Strategi komunikasi hukuman difokuskan pada penekanan\r\nmelalui teguran lisan, nasehat dan ancaman untuk memperoleh kepatuhan 3).\r\nStrategi komunikasi keahlian difokuskan pada penilaian kelemahan dan kelebihan\r\nmasing-masing anak down syndrome 4). Strategi komunikasi impersonal difokuskan\r\nmengajarkan nilai-nilai moral. 5). Strategi komunikasi komitmen personal\r\ndifokuskan pada perlakuan baik kepada anak down syndrome untuk mencapai rasa\r\nbalas budi. Selain itu, pengajar sebagai model berupaya mengembangkan soft skill\r\nanak down syndrome dalam berkomunikasi, kerja sama dan kepercayaan diri.\r\nSehingga, berdasarkan hal tersebut pengajar seni tari di komunitas sadila\r\nmenggunakan kelima strategi komunikasi yang masing- masingnya sangat berperan\r\ndalam mencapai tujuan pembelajaran.\r\n\r\nKata Kunci : Strategi Komunikasi, Pembelajaran Seni Tari, Down Syndrome,\r\nKomunitas Sahabat Difabel Lampung (Sadila)\r\n\r\nDown syndrome cases in Bandar Lampung City show an increase, the Central\r\nStatistics Agency (BPS) recorded 963 people with disabilities, of which 200 are\r\nchildren with Down syndrome. Komunitas Sahabat Difabel (Sadila) is present to\r\nprovide training and mentoring, support people with disabilities to be more\r\nindependent, and socialize their abilities through dance. This research aims to\r\nanalyze communication strategies in learning dance for children with Down\r\nsyndrome in the Sadila community. This research uses a qualitative descriptive\r\nmethod with a case study approach, analyzing communication strategies in learning\r\ndance for children with Down syndrome based on communication strategies\r\naccording to Marwell and Schmith and analyzing the impact of soft skill\r\ndevelopment on children with Down syndrome through dance learning based on\r\nsocial learning theory. The results showed that dance teachers in the Sadila\r\ncommunity used five communication strategies according to Marwell and Schmith.\r\n1). The communication strategy of rewarding is focused on praise and recognition\r\nto motivate children with Down syndrome 2). Punishment communication strategies\r\nare focused on emphasizing through verbal reprimands, advice and threats to obtain\r\ncompliance 3). The communication strategy of expertise is focused on assessing the\r\nweaknesses and strengths of each child with Down syndrome 4). Impersonal\r\ncommunication strategies are focused on teaching moral values. 5). Personal\r\ncommitment communication strategies are focused on treating children with Down\r\nsyndrome well to achieve a sense of reciprocity. In addition, the teacher as a model\r\nseeks to develop the soft skills of children with Down syndrome in communication,\r\ncooperation and self-confidence. So, based on this, dance teachers in the sadila\r\ncommunity use five communication strategies, each of which plays a role in\r\nachieving learning goals.\r\nKeywords: Communication Strategy, Dance Learning, Down Syndrome,\r\nCommunity Sahabat Difabel Lampung (Sadila)"^^ . "2024-11-07" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITA"^^ . . . . . . . "APRILYANA"^^ . "TIKA "^^ . "APRILYANA TIKA "^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (File PDF)"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA\r\nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL\r\nLAMPUNG (SADILA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #80922 \n\nSTRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA \nANAK DOWN SYNDROME DI KOMUNITAS SAHABAT DIFABEL \nLAMPUNG (SADILA)\n\n" . "text/html" . . . "380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi" . .