%A TIRTA RANI BELLA %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS BATIK TULIS LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung untuk meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI 1 dan XI 3 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung dianalisis menggunakan uji paired sample T-test dan uji effect size terhadap literasi kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest literasi kimia siswa yaitu 33,85 dan rata-rata nilai posttest yaitu 82,71 yang mengalami peningkatan sebesar 48%. Rata-rata n-Gain 0,74 menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji paired sample T-test yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai pretest literasi kimia siswa lebih rendah dari rata-rata nilai posttest literasi kimia siswa pada materi koloid. Hasil tersebut menunjukkan model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung efektif untuk meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh model discovery learning berbasis etnosains batik tulis Lampung dengan kriteria besar. Kata kunci: discovery learning, etnosains batik tulis Lampung, literasi kimia siswa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints80935