%0 Generic %A Sekar Arum, Kinasih %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:80943 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/80943/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan tes berbentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil uji diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem-based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII di SMP Tri Sukses Natar. Kata Kunci: kemampuan berpikir reflektif, pengaruh, problem-based learning