creators_name: Sekar Arum, Kinasih creators_id: 2013021029 type: other datestamp: 2024-12-20 06:47:14 lastmod: 2024-12-20 06:47:14 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan tes berbentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil uji diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem-based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII di SMP Tri Sukses Natar. Kata Kunci: kemampuan berpikir reflektif, pengaruh, problem-based learning date: 2024-12-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013021029 citation: Sekar Arum, Kinasih (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/80943/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/80943/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/80943/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf