%A MAHARANI PUTRI NESYA %T PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KREATIVITAS, DAN MODAL USAHA TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM DALAM INDUSTRI FASHION DI BANDAR LAMPUNG %X Perekonomian Indonesia didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu Negara. UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang mampu bertahan ketika adanya krisis ekonomi melanda perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan dari Teknologi Informasi, Kreativitas, dan Modal Usaha terhadap keberlanjutan UMKM. menggunakan metode kuantitatif untuk mengevaluasi pengaruh antara variabel independen dan keberlanjutan UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari 115 UMKM melalui kuesioner terstruktur. Temuan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kreativitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keberlanjutan UMKM. Kemudian variabel Teknologi Informasi menunjukkan pengaruh signifikan dalam mendukung keberlanjutan UMKM. Begitupun dengan hasil Modal Usaha memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keberlanjutan UMKM, sejalan dengan literatur yang ada. Koefisien determinasi (R?) sebesar 43,7% menunjukkanbahwa ketiga variabel independen tersebut dapat menjelaskan variasi dalam keberlanjutan UMKM. Hasil ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap ketiga variabel tersebut dalam mendukung keberlanjutan UMKM di sektor fashion. Berdasarkan temuan tersebut, penulis memberikan beberapa saran. Pertama, untuk meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi, perusahaan perlu meningkatkan sistem analisis data dan pelatihan bagi manajer dalam interpretasi data. Kedua, untuk memperkuat Kreativitas, perusahaan disarankan untuk mendorong budaya inovasi dan mengadakan sesi brainstorming. Ketiga, dalam hal Modal Usaha, perusahaan harus mengembangkan strategi investasi yang lebih fokus pada pertumbuhan jangka panjang. Terakhir, UMKM perlu memperkuat strategi untuk meningkatkan nilai pasar melalui inovasi produk dan kolaborasi dengan pihak eksternal. Dengan mengikuti saran-saran ini, diharapkan UMKM dalam industri fashion di Bandar Lampung dapat mencapai keberlanjutan yang lebih baik. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kreativitas, Modal Usaha, Keberlanjutan UMKM %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints80967