%0 Generic %A Annisa , Dira %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:80970 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KESADARAN PERUBAHAN IKLIM SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/80970/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap kesadaran siswa akan perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, dengan populasi seluruh kelas X IPA dan sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan desain non- equivalent control group design. Pada kelas eksperimen, pembelajaran PjBL dilaksanakan dengan pembelajaran berdiferensiasi produk berdasarkan gaya belajar siswa, yaitu 2 kelompok gaya belajar visual, 2 kelompok gaya belajar auditori, dan 1 kelompok gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data kesadaran siswa akan perubahan iklim dilakukan menggunakan angket skala likert sebanyak 25 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kelas eksperimen pada indikator kesadaran emosional, kesadaran sikap, dan kesadaran praktik berkelanjutan mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Secara keseluruhan, rata-rata N-gain kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 0,70, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 0,47. Hasil uji Independent Sample T-test N-gain menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan setelah pembelajaran menggunakan model PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap kesadaran perubahan iklim siswa. Kata kunci: Diferensiasi Produk; Kesadaran akan Perubahan Iklim; Project Based Learning (PjBL) This study aims to describe the effect of the Project-Based Learning (PjBL) model in differentiated instruction on students' awareness of climate change. The research was conducted at SMA Negeri 2 Menggala, Tulang Bawang Regency, with a population comprising all 10th-grade science students. The sample consisted of Class X IPA 1 and X IPA 2, selected through purposive sampling, with a total of 54 students. The study employed a non-equivalent control group design. In the experimental class, PjBL was implemented with differentiated instruction based on students' learning styles: two groups of visual learners, two groups of auditory learners, and one group of kinesthetic learners. Data on students' climate change awareness were collected using a 25-item Likert scale questionnaire. The results showed that the average N-gain in the experimental class for the indicators of emotional awareness, attitudinal awareness, and sustainable practice awareness was significantly higher than in the control class. Overall, the average N-gain in the experimental class was categorized as high, with a value of 0.70, while the control class was categorized as moderate, with a value of 0.47. The Independent Sample T-test for N-gain revealed a significance value of 0.000 < 0.05, indicating a significant effect of the PjBL model in differentiated instruction on students' climate change awareness. Keywords: Product Differentiation; Climate Change Awareness; Project-Based Learning (PjBL)