@misc{eprints80981, month = {Desember}, title = {PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK}, author = {Dwi Indah Sari Brigita}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/80981/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MIPA 1 dan MIPA 2 yang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Data keterampilan metakognitif di peroleh dengan menggunakan angket dan data hasil belajar menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognitif dan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample T-test pada taraf kepercayaan 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif baik pada tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,33. Jadi dapat disimpulkan bahwa Strategi PQ4R berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia. Kata kunci : Hasil belajar, Keterampilan Metakognitif, Sistem pencernaan pada manusia, PQ4R } }