%0 Thesis %9 Masters %A WAKHIDATUL, MUKAROMAH NPM %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:81022 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN 3C (CRITICAL THINKING, COLLABORATION AND COMMUNICATION) PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL MATA PELAJARAN FISIKA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/81022/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan 3C peserta didik dengan menggunakan wordwall yang valid, reliabel dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan desseminate. Validasi dilakukan kepada dua dosen ahli dan seorang pendidik mata pelajaran fisika untuk menilai aspek evaluasi, materi dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi instrumen aspek evaluasi diperoleh rata-rata 90.74, aspek materi sebesar 84.25, dan aspek bahasa sebesar 90.63. Instrumen ini diujicobakan kepada 34 peserta didik kelas XII.3 SMA Negeri 2 Pringsewu dan selanjutnya dianalisis menggunakan Microsoft excel yang disesuaikan dengan rumus yang ada. Berdasarkan hasil analisis soal crirical thinking four tier multiple choice diperoleh 30 butir soal dinyatakan valid, hasil analisis pernyataan collaboration diperoleh 15 pernyataan dinyatakan valid, dan hasil analisis pernyataan communication diperoleh 8 soal dinyatakan valid. Kemudian instrumen penilaian keterampilan 3C diuji reliabilitas dengan didasarkan pada Alpha Cronbach dengan perolehan nilai 0,85 kategori sangat reliabel untuk keterampilan critical thinking, nilai 1,03 kategori sangat reliabel untuk keterampilan collaboration, dan nilai 1,07 kategori sangat reliabel untuk keterampilan communication. Uji kepraktisan produk instrumen penilaian keterampilan 3C aspek keterbacaan memperoleh rata-rata 97 kategori sangat praktis dan aspek keterlaksanaan memperoleh rata-rata nilai 94.3 kategori sangat praktis. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Keterampilan 3C, Wordwall