%0 Thesis %9 Masters %A DANU, ANDIYANTO %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2024 %F eprints:81033 %I Universitas Lampung %T SUPERVISI AKADEMIK DI KELAS INKLUSIF SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/81033/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Supervisi Akademik di Kelas Inklusi pada SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan supervisi akademik di kelas inklusi pada SMA Negeri 14 Bandar Lampung sudah dilaksanakan. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, pelaksanaan supervisi yang dilakukan masih disamakan dengan kelas reguler; 2) supervisi akademik di SMA Negeri 14 Bandar Lampung dilaksanakan dengan pendekatan ilmiah, artistik, dan klinis, serta pelaksanaannya minimal satu kali dalam setiap semester. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa SMA Negeri 14 Bandar Lampung menjadi salah satu sekolah sekolah percontohan program inklusi yang dipilih oleh pemerintah; 3) tidak ada hambatan atau kendala yang dihadapi oleh supervisor berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan supervisi di kelas inklusi pada SMA Negeri 14 Bandar Lampung.