%0 Generic %A NAJMI, LUFRIS SIREGAR %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:81037 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH APLIKASI DISCORD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI ELASTISITAS BENDA DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/81037/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Discord sebagai media pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 2 dan X 3 di SMA Negeri 15 Bandarlampung pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan model Pretest-Posttest Control Group. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan angket penilaian sejawat, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, N-Gain, paired sample t-test, independent sample t-test, dan MANOVA. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 untuk hasil belajar materi elastisitas bahan dan 0,004 untuk hukum hooke, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk keterampilan kolaborasi, nilai signifikansi juga sebesar 0,000 pada kedua materi, menunjukkan perbedaan signifikan dalam skor angket antara kedua kelompok. Hasil uji Multivariate Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kedua variabel tersebut. Selain itu, uji Test of Between-Subjects Effects juga menghasilkan nilai signifikansi 0,00, yang mengonfirmasi adanya perbedaan antara rata-rata nilai N-Gain dan hasil angket sebagai pengaruh dari penggunaan Discord. Kata kunci : Discord, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi