%0 Generic %A Indah Aprilia, Akmal %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:81102 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 JATIMULYO %U http://digilib.unila.ac.id/81102/ %X Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard, (2) pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual, (3) perbedaan antara pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard dan audio visual terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pilihan jamak. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard dengan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN 5 Jatimulyo Tahun Pelajaran 2023/2024.