%0 Thesis %9 Masters %A Irmansyah, Karoror %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:81130 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2123025010 %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI LOCAL WISDOM PAPUA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN ECOLITERACY %U http://digilib.unila.ac.id/81130/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis masalah terintegrasi local wisdom Papua yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ecoliteracy peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan model 4D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Desain uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP berjumlah 10 orang untuk uji coba terbatas dan 44 orang untuk uji coba skala luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dinyatakan 1) valid (88,0%) oleh ahli materi dan ahli desain; 2) sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik oleh peserta didik (94,0%) maupun pendidik (97,0%) serta ditinjau dari tingginya kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat praktis (93,0%); 3) efektif ditinjau dari ecoliteracy sangat positif (91%), efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan N-Gain cukup efektif (71,79%) dan effect size dengan kriteria besar (0,97). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ecoliteracy peserta didik. Kata kunci: LKPD, PBL, Local Wisdom, Keterampilan Berpikir Kritis, Ecoliteracy