@misc{eprints81140, month = {September}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI ISU SDGs}, author = {Gustina Melin}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81140/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sustainability awareness peserta didik pada materi perubahan iklim berorientasi isu SDGs. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 3 Pesawaran tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII II sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat nilai rata rata N-gain sebesar 0,52 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,26 termasuk kategori rendah. Dilakukan juga uji effect size didapatkan nilai 2,88 dengan kriteria ?besar?. Hasil data angket sustainability awareness diperoleh rata-rata persentase sebesar 81,42\% dengan frekuensi ?sering atau selalu dilakukan? atau praktek-praktek sustainability awareness sering dilakukan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpengaruh terhadap sustainability awareness pada materi perubahan iklim berorientasi isu SDGs. Penggunaan model PBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menanamkan kesadaran keberlanjutan.} }