@misc{eprints81233, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA}, author = {Dongoran Risna Wahyuni }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81233/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbasis simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi hukum dasar kimia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X merdeka 7 sebagai kelas kontrol dan kelas X merdeka 4 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan Indepedent Sample T-test. Pada perhitungan nilai n-gain didapakan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar sebesar 0,78 dengan kriteria ?tinggi?, sementara pada uji perbedaan dua rata-rata didapatkan hasil terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata n-gain? kemampuan translasi antarlevel representasi siswa kelas eskperimen dengan rata-rata n-gain -kelas kontrol pada materi hukum dasar kimia. Sehingga, model pembelajaran discovery berbasis simulasi molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa pada materi hukum dasar kimia. Kata Kunci: Pembelajaran discovery, representasi, simulasi molekul, kemampuan translasi antarlevel representasi kimia, hukum dasar kimia. } }