%A RAHMAD PRASETYO ALGA %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP MINAT MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN 1 JATI INDAH %X The problem in this research was the low interest in reading and writing of fourth grade students at SD Negeri 1 Jati Indah due to the lack of use of learning media that could attract attention and help students focus more on the material in the form of reading provided by educators. This research aimed to determine the effect of using the SAS method assisted by letter card media on the reading and writing interest of fourth grade students at SD Negeri 1 Jati Indah. This research method was a quasi-experimental group design with the form used being a non- equivalent control group design. The population was 101 people and the sample used was 50 students in class 4A and 4C. Samples were determined with certain considerations. Data collection used questionnaires, interviews, and documentation. Results this research, first, there was the influence of using the SAS method assisted by letter card media on the reading interest of fourth grade students at SD Negeri 1 Jati Indah. Second, there was an influence of using the SAS method assisted by letter card media on the writing interest of fourth grade students at SD Negeri 1 Jati Indah. Third, there was an influence of the use of the SAS method assisted by letter card media interest in reading writing of fourth grade students at SD Negeri 1 Jati Indah. Keywords: interest in reading, interest in writing, letter cards, SAS method Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat membaca dan menulis peserta didik kelas 4 di SD Negeri 1 Jati Indah karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan membantu peserta didik lebih fokus terhadap materi berupa bacaan yang diberikan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan media kartu huruf terhadap minat membaca dan menulis peserta didik kelas 4 di SD Negeri 1 Jati Indah. Metode penelitian ini adalah quasi experimental group design dengan bentuk yang digunakan non-equivalen control group design. Populasi berjumlah 101 orang dan sampel yang digunakan yaitu 50 orang peserta didik pada kelas 4A dan 4C. Sampel ditentukan dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, pertama terdapat pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan media kartu huruf terhadap minat membaca peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Jati Indah. Kedua, terdapat pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan media kartu huruf terhadap minat menulis peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Jati Indah. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan media kartu huruf terhadap minat membaca dan menulis peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Jati Indah. Kata Kunci: kartu huruf, metode sas, minat membaca, minat menulis %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81272