%0 Thesis %9 Masters %A INDAH YUSTIKA, SARI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:81317 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2147483647 %T PENGARUH PENGGUNAAN MARKETPLACE DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA IPS DI SMA NEGERI 6 OKU %U http://digilib.unila.ac.id/81317/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Marketplace dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, SMA Negeri 6 OKU, yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa dengan teknik pengambilan sampel probabilitas dengan menggunakan sampel acak. Data dikumpulkan melalui angket/kuesioner. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan F yang diolah menggunakan prograam SPSS. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Marketplace dan pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh baik secara parsial dan silmutan. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh uji secara Parsial, penggunaan Marketplace terhadap minat diperoleh nilai sebesar 0,124 yang membuktikan bahwa setiap adanya penambahan satu satuan pada nilai dari variabel penggunaan Marketplace (X1) akan menyebabkan meningkatnya pengaruh minat berwirausaha dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat diperoleh nilai sebesar 0,645 yang membuktikan bahwa setiap adanya penambahan satu satuan pada nilai variabel pembelajaran kewirausahaan (X2) akan menyebabkan meningkatnya pengaruh variabel minat berwirausaha. Kemudian diperkuat dengan perolehan data hasil uji secara simultan diperoleh nilai sebesar 0,632 dengan besar dari nilai determinasi sebesar 0,400 atau 40% dan sisanya sebesar 60% dipengaruhi oleh variabel lain dari penelitian ini. Kata kunci: Minat Berwirausaha, Pembelajaran Kewirausahaan, Penggunaan Marketplace