<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN\r\n\r\nBERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN\r\n\r\nMANAJERIAL KEPALA SEKOLAH\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI"^^ . "Penyalahgunaan kekuasaan yang dikenal sebagai korupsi telah diakui\r\nsecara global sebagai kejahatan luar biasa dan merupakan ancaman serius\r\nterhadap kehidupan bersama dalam suatu negara. Dampak yang dihasilkan dari\r\ntindakan ini tidak terbatas pada kerugian finansial bagi negara, melainkan juga\r\ndapat merusak norma-norma etika, keadilan, demokrasi, dan supremasi hukum.\r\nSalah satu langkah yang dapat dilakukan dalam upaya pemberantasan korupsi\r\nsejak dini di tingkat satuan pendidikan adalah melalui Pendidikan Antikorupsi\r\n(PAk). Pendidikan Antikorupsi (PAk) adalah program pendidikan tentang korupsi\r\nyang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian peserta didik\r\nterhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi. Target utama Pendidikan\r\nAntikorupsi (PAk) adalah memperkenalkan fenomena korupsi yang mencakup\r\nkriteria, penyebab dan akibatnya, meningkatkan sikap tidak toleran terhadap\r\ntindakan korupsi, serta berbagai kemungkinan usaha untuk melawan korupsi.\r\nPenelitian ini bertujuan memberikan wawasan tentang peran kepemimpinan\r\nketeladanan kepala sekolah berbasis trilogi pendidikan yang dimediasi oleh\r\nketerampilan manajerial kepala sekolah bagi keberhasilan Pendidikan Antikorupsi\r\n(PAk) di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey yang\r\nmelibatkan responden sebanyak 392 guru. Responden dipilih menggunakan teknik\r\nmultistage random sampling dari populasi guru yang bekerja pada jenjang\r\nSMA/SMK Negeri dan Swasta di provinsi Lampung. Data yang terkumpul\r\nselanjutnya dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM)\r\ndengan berbantuan aplikasi Amos versi-23. Hasil penelitian ini menemukan\r\nbahwa: (1) melalui kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi pendidikan yang\r\nkuat, upaya pemberantasan korupsi melalui Pendidikan Antikorupsi dapat menjadi\r\nlebih efektif dan berkelanjutan; (2) kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi\r\npendidikan memiliki efek kuat dalam mempengaruhi perkembangan keterampilan\r\nmanajerial seorang pemimpin; (3) keterampilan manajerial berperan dalam\r\nmengarahkan, mengorganisir, dan mengendalikan usaha pencegahan korupsi; (4)\r\nketerampilan manajerial memainkan peran yang signifikan dalam memediasi\r\npengaruh kepemimpinan keteladanan berbasis trilogi pendidikan terhadap\r\npendidikan antikorupsi.\r\nKata kunci: kepemimpinan keteladanan, keterampilan manajerial, pendidikan\r\n\r\nantikorupsi.\r\n\r\n\r\nTHE INFLUENCE OF EXAMPLE LEADERSHIP\r\nBASED ON THE EDUCATIONAL TRILOGY MEDIATED BY\r\nTHE MANAGERIAL SKILLS OF THE SCHOOL PRINCIPAL\r\n\r\nON ANTI-CORRUPTION EDUCATION\r\n\r\nAbuse of power known as corruption has been recognized globally as an\r\nextraordinary crime and poses a serious threat to collective life in a country. The\r\nimpact resulting from this action is not limited to financial losses for the state, but\r\ncan also damage ethical norms, justice, democracy and the supremacy of law. One\r\nstep that can be taken in an effort to eradicate corruption from an early age at the\r\neducation unit level is through Anti-Corruption Education (PAk). Anti-Corruption\r\nEducation (PAk) is an educational program about corruption which aims to build\r\nand increase students' awareness of the dangers and consequences of acts of\r\ncorruption. The main target of Anti-Corruption Education (PAk) is to introduce\r\nthe phenomenon of corruption which includes the criteria, causes and\r\nconsequences, increasing intolerant attitudes towards acts of corruption, as well as\r\nvarious possible efforts to fight corruption. This research aims to provide insight\r\ninto the role of exemplary leadership of school principals based on the educational\r\n\r\ntrilogy mediated by the principal's managerial Skills for the success of Anti-\r\nCorruption Education (PAk) in schools. This research is a quantitative survey\r\n\r\nresearch involving 392 teachers as respondents. Respondents were selected using\r\na multistage random sampling technique from the population of teachers working\r\nat the public and private high school/vocational school levels in Lampung\r\nprovince. The collected data was then analyzed using the Structural Equation\r\nModeling (SEM) technique with the help of the Amos version-23 application. The\r\nresults of this research found that: (1) through exemplary leadership based on a\r\nstrong educational trilogy, efforts to eradicate corruption through Anti-Corruption\r\nEducation can become more effective and sustainable; (2) exemplary leadership\r\nbased on the educational trilogy has a strong effect in influencing the development\r\nof a leader's managerial Skills; (3) managerial Skills play a role in directing,\r\norganizing and controlling corruption prevention efforts; (4) managerial Skills\r\nplay a significant role in mediating the influence of exemplary leadership based\r\non the educational trilogy on anti-corruption education.\r\nKey words: exemplary leadership, managerial Skills, anti-corruption education."^^ . "2024-02-23" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "-"^^ . "SULPAKAR"^^ . "- SULPAKAR"^^ . . . . . . "PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN\r\n\r\nBERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN\r\n\r\nMANAJERIAL KEPALA SEKOLAH\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . . "PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN\r\n\r\nBERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN\r\n\r\nMANAJERIAL KEPALA SEKOLAH\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN\r\n\r\nBERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN\r\n\r\nMANAJERIAL KEPALA SEKOLAH\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . "HTML Summary of #81334 \n\nPENGARUH KEPEMIMPINAN KETELADANAN \n \nBERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN YANG DIMEDIASI KETERAMPILAN \n \nMANAJERIAL KEPALA SEKOLAH \nTERHADAP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan" . .