@misc{eprints81360, month = {Agustus}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH PADA KELAS XI IPS DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023-2024}, author = {Rizkillah Muhammad }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81360/}, abstract = {Penelitian ini mengenai pengaruh model model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan kesadaran sejarah pada kelas XI IPS di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Permasalaham dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan kesadaran sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA YP Unila Bandar Lampung TA 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan desain Quasi-Eksperimenat Designs dalam bentuk Non- Equivalent Control Group yang akan membuat dua kelompok eksperimen yang tidak dipilih melalui Random . Dimana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Instrument yang digunakan adalah catatan lapangan dan tes (pre test dan post test). Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan kesadaran sejarah, hal ini ditunjukan bahwa nilai thitung 10.779 dan nilai sig.0,000. Sehingga, nilai sig. 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, maka Ho di tolak dan Ha di terima. Artinya, terdapat pengaruh pada Mata Pelajaran Sejarah, dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) terhadap meningkatknya kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA YP UNILA Bandar Lampung. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Value Clarification Technique (VCT), Kesadaran Sejarah This research is about the influence of the Value Clarification Technique (VCT) learning model in increasing historical awareness in class XI social studies at SMA YP UNILA Bandar Lampung. The problem in this study is whether there is an influence of the Value Clarification Technique (VCT) learning model in increasing historical awareness in grade XI social studies students at SMA YP Unila Bandar Lampung FY 2023/2024. This study used a comparative method with Quasi-Experimental Designs in the form of a Non-Equivalent Control Group that would create two experimental groups that were not selected through random. Where this research aims to increase students' historical awareness through the application of the Value Clarification Technique (VCT) learning model. The instruments used are field notes and tests (pre test and post test). Based on the results of the study, it shows that the use of the Value Clarification Technique (VCT) learning model can increase historical awareness, it is shown that the calculated value is 10,779 and the sig value is 0.000. So, the sig value. 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence on the History Subject, using the Value Clarification Technique (VCT) model on increasing historical awareness of class XI IPS students at SMA YP UNILA Bandar Lampung. Keywords: History Learning, Value Clarification Technique (VCT), Historical Awareness} }