?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013021021&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+PENINGKATAN+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA+(STUDI+PADA+SISWA+KELAS+XI+IPA+SMA+NEGERI+1+SUKADANA+SEMESTER+GENAP+TAHUN+PELAJARAN+2023%2F2024)&rft.creator=ZAHRA+%2C+SABANA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+problem+based+learning+terhadap+kemampuan+representasi+matematis+siswa.+Populasi+penelitian+ini+yaitu+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+1+Sukadana+Lampung+Timur+berjumlah+129+siswa+yang+terdistribusi+ke+dalam+empat+kelas+yaitu+XI+IPA+1+sampai+XI+IPA+4.+Sampel+penelitian+ini+adalah+kelas+XI+IPA+3+sebanyak+34+siswa+dan+XI+IPA+4+sebanyak+33+siswa+yang+dipilih+dengan+teknik+purposive+sampling.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+desain+dengan+kelas+XI+IPA+3+sebagai+kelas+eksperimen+dan+XI+IPA+4+sebagai+kelas+kontrol.+Data+pada+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+melalui+tes+kemampuan+representasi+matematis.+Berdasarkan+hasil+uji-t+diperoleh+bahwa+peningkatan+kemampuan+representasi+matematis+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+model+problem+based+learning+lebih+tinggi+dibandingkan+peningkatan+kemampuan+representasi+matematis+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+konvensional%2C+dengan+persentase+pencapaian+indikator+representasi+simbol+sebesar+52%25%2C+representasi+visual+sebesar+35%25%2C+dan+representasi+verbal+sebesar+45%25.+Sehingga%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+model+problem+based+learning+berpengaruh+terhadap+kemampuan+representasi+matematis+siswa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-12-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81370%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81370%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81370%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ZAHRA+%2C+SABANA++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+PENINGKATAN+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA+(STUDI+PADA+SISWA+KELAS+XI+IPA+SMA+NEGERI+1+SUKADANA+SEMESTER+GENAP+TAHUN+PELAJARAN+2023%2F2024).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81370%2F