creators_name: ZAHRA , SABANA creators_id: 2013021021 type: other datestamp: 2025-01-24 01:15:22 lastmod: 2025-01-24 01:15:22 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUKADANA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024) ispublished: pub subjects: 370 subjects: 500 subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur berjumlah 129 siswa yang terdistribusi ke dalam empat kelas yaitu XI IPA 1 sampai XI IPA 4. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebanyak 34 siswa dan XI IPA 4 sebanyak 33 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dengan persentase pencapaian indikator representasi simbol sebesar 52%, representasi visual sebesar 35%, dan representasi verbal sebesar 45%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. date: 2024-12-18 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013021021 citation: ZAHRA , SABANA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUKADANA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81370/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81370/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81370/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf