%0 Generic %A Muhammad , Ali Zuhri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:81397 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH MENONTON TAYANGAN TIKTOK @ZHARIF.DK TERHADAP PERILAKU OLAHRAGA KARDIO REMAJA (STUDI TERHADAP %U http://digilib.unila.ac.id/81397/ %X TikTok adalah aplikasi untuk berbagi video pendek mulai dari 15 detik hingga 3 menit, pertama kali dirilis pada tahun 2016 oleh ByteDance Tiongkok dan Zhang Yiming dilengkapi dengan beragam filter yang menarik dan khas. Berdasarkan laporan We Are Sosial, jumlah pengguna TikTok di seluruh dunia diperkirakan mencapai 1,09 miliar pada bulan April 2023. Mayoritas pengguna atau 38,5%, berusia 18 antara 24 tahun. Indonesia ada di posisi kedua 113 juta pengguna tiktok terbesar didunia. Menggunakan media sosial terlalu lama akan menyebabkan rasa malas, sehingga diperlukannya sebuah tayangan yang akan membuat remaja untuk tergerak akan pentingnya hidup sehat. Salah satu tayangan pada media sosial tiktok yaitu akun tiktok @zharif.dk, tayangan pada akun ini memberikan semangat serta contoh dan edukasi mengenai pentingnya hidup sehat yang dimulai dengan berolahraga kardio. Mengikuti dan mencontoh model yang akan ditiru diperlukan beberapa aspek dalam hal ini aspek yang digunakan adalah observational learning, yang meliputi attention process, retention process, motor reproduction process, serta motivational process. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menonton tayangan tiktok @zharif.dk terhadap perilaku berolahraga remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey kepada 100 responden yang merupakan followers dari akun tiktok @zharif.dk dengan kriteria remaja. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari akun tayangan olahraga kardio terhadap akun tiktok @zharif.dk dengan t_hitung 9,481 > t_tabel 1,984. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, serta nilai pengaruhnya 47,8% yang didasarkan pada uji koefisin determinasi (R2). Kata Kunci: Tiktok, Remaja, Observational Learning, Perilaku Berolahraga Kardio. TikTok is a short video sharing application lasting 15 seconds to 3 minutes which was first released in 2016 by ByteDance from China and Zhang Yiming, equipped with various filters, background music, effects and lypsinc. Based on the We Are Social report, the number of TikTok users worldwide is estimated to reach 1.09 billion in April 2023. The majority of users or 38.5% are aged 18 to 24 years. Indonesia is in second place with 113 million of the largest TikTok users in the world. Using social media for too long will make you feel lazy. The TikTok account @zharif.dk provides examples and education about the importance of healthy living. Following and imitating the model to be imitated requires several aspects, in this case the aspect used is observational learning which includes the attention process, retention process, motor reproduction process, and motivation process. The aim of this research is to find out how much influence watching the tiktok show @zharif.dk has on adolescent sports behavior. The method used in this research is a quantitative research method with a survey approach of 100 respondents following the TikTok account @zharif.dk with youth criteria. The research results show that there is a significant positive influence from cardio sports broadcasts on the tiktok account @zharif.dk with t_count 9.481 > t_tabel 1.984. So Ho is rejected and Ha is accepted, and the influence value is 47.8% based on the coefficient of determination test (R2). Keywords: TikTok, Teenagers, Observational Learning, Cardio Exercise Behavior.