<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN\r\nDIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO\r\n\r\nTAHUN AJARAN 2023/2024"^^ . "Masalah dalam penelitian adalah mengenai penyesuaian diri siswa yang rendah di\r\nsekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan\r\nemosional dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1\r\nSukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif dengan\r\npendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 269 siswa dengan\r\nmetode simple random sampling sebanyak 160 sampel. Pengumpulan data\r\nmenggunakan skala kecerdasan emosional yang diadaptasi dari SSEIT (Schutte\r\nScale Emotional Intelegence Test) dan skala penyesuaian diri. Teknik analisis data\r\nyang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini\r\nmenunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional\r\ndengan penyesuaian diri. Nilai korelasi rhitung 0,637 > rtabel 0,155 dengan taraf\r\nsig p 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian tersebut dapat\r\ndisimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin\r\ntinggi pula penyesuaian diri di sekolah begitupun sebaliknya.\r\n\r\nKata kunci: bimbingan konseling, kecerdasan emosional, penyesuaian diri\r\n\r\nThe problem in the study is about low student self-adjustment at school. This study\r\naims to determine the relationship between emotional intelligence and school\r\nadjustment in class XI students of SMA Negeri 1 Sukoharjo. The research method\r\nused is quantitative method with correlational approach. The population in this\r\nstudy amounted to 269 students with a simple random sampling method of 160\r\nsamples. Data collection using emotional intelligence scale adapted from SSEIT\r\n(Schutte Scale Emotional Intelligence Test) and self-adjustment scale. The data\r\nanalysis technique used is product moment correlation. The results of this study\r\nindicate that there is a positive relationship between emotional intelligence and\r\nself-adjustment. The correlation value r count 0.637> r table 0.155 with a sig\r\nlevel of 0.000, so Ho is rejected and Ha is accepted. The results of this study can\r\nbe concluded that the higher the emotional intelligence of students, the higher the\r\nself-adjustment at school and vice versa.\r\n\r\nKeywords: counselling guidance, emotional intelligence, self-adjustment"^^ . "2024-07-09" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "sabrina mufti"^^ . "Dinnia "^^ . "sabrina mufti Dinnia "^^ . . . . . . "HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN\r\nDIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO\r\n\r\nTAHUN AJARAN 2023/2024 (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . . "HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN\r\nDIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO\r\n\r\nTAHUN AJARAN 2023/2024 (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN\r\nDIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO\r\n\r\nTAHUN AJARAN 2023/2024 (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . "HTML Summary of #81404 \n\nHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN \nDIRI DI SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO \n \nTAHUN AJARAN 2023/2024\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .