<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN\r\nNASIONAL LINTAS BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE\r\n\r\nANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)\r\n\r\n(STUDI KASUS : JALAN LINTAS BARAT PADA SATUAN KERJA\r\nPELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI\r\n"^^ . "Infrastruktur jalan merupakan salah satu infrastruktur publik yang berperan penting\r\ndalam pembangunan suatu daerah. Kondisi jalan yang baik dapat memberikan\r\naksesibilitas dan mobilitas yang baik bagi keberlangsungan kegiatan sosial ekonomi\r\nmasyarakat. Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Provinsi Lampung memiliki peran yang\r\nsangat penting dalam pergerakan orang dan barang karena menjadi penghubung\r\ndari Pulau Jawa menuju Provinsi Bengkulu dan Provinsi lainnya di Sumatera dan\r\ntidak terlewati oleh Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Keterbatasan anggaran\r\n(budget constraint) pemerintah dalam mengelola kondisi perkerasan jalan\r\nmenyebabkan pemerintah harus menyusun peringkat prioritas ruas jalan yang akan\r\nditangani. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah analisis multikriteria\r\ndengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP digunakan untuk\r\npembobotan kriteria dan subkriteria dalam menentukan ruas jalan prioritas dalam\r\npenanganan kerusakan jalan. Adapun kriteria tersebut antara lain : kondisi\r\nperkerasan jalan (PCI), tingkat kekasaran jalan (IRI), lalu lintas harian rata – rata\r\n(LHR), tata guna lahan. Berdasarkan metode AHP, maka kriteria prioritas adalah\r\nkondisi perkerasan jalan (PCI) dengan bobot sebesar 0,46. Kriteria prioritas\r\nselanjutnya adalah tingkat kerataan jalan (IRI) dengan bobot 0,34 lalu lalu lintas\r\nharian rata – rata (LHR) dengan bobot 0,12 dan kriteria tata guna lahan sebesar\r\n0,08. Adapun urutan ruas jalan prioritas penanganan kerusakan jalan yaitu Jalan\r\nBengkunat – Sanggi, Jalan Batas Kota Agung - Rantau Tijang, Jalan Pugung -\r\nSimpang Gunung Kemala, Jalan Batas Bengkulu – Pugung, Jalan Wonosobo - Kota\r\nAgung, Jalan Rantau Tijang – Gedongtataan, Jalan Ir. Juanda (Kota Agung), Jalan\r\nBiha – Bengkunat, Jalan Sanggi – Wonosobo.\r\nKata kunci: Jalan Lintas Barat (jalinbar), AHP, dan Prioritas Penanganan\r\n\r\nKerusakan Jalan\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nPRIORITIZATION ANALYSIS OF NATIONAL ROAD DAMAGE\r\nMANAGEMENT ACROSS THE WEST USING THE ANALYTICAL\r\n\r\nHIERARCHY PROCESS METHOD\r\n(CASE STUDY: WEST CROSS ROAD IN THE ROAD\r\n\r\nIMPLEMENTATION WORK UNIT NATIONAL REGION IL LAMPUNG\r\n\r\nPROVINCE)\r\n\r\nBy\r\n\r\nSOFYAN RAMADHAN\r\n\r\nRoad infrastructure is one of the public infrastructures that play an important role\r\nin the development of a region. Good road conditions can provide good accessibility\r\nand mobility for the sustainability of the community's socio-economic activities.\r\nJalan Lintas Barat (Jalinbar) in Lampung Province has a very important role in the\r\nmovement of people and goods because it is a link from Java Island to Bengkulu\r\nProvince and other provinces in Sumatra and is not passed by the Trans Sumatra\r\nToll Road (JTTS). The government's budget constraint in managing road pavement\r\nconditions causes the government to prioritize the road sections to be handled. In\r\nthis research, the method used is multicriteria analysis with the Analytical\r\n\r\nHierarchy Process (AHP) method. AHP is used for weighting criteria and sub-\r\ncriteria in determining priority road sections in handling road damage. The criteria\r\n\r\ninclude: pavement condition (PCI), road roughness level (IRI), average daily traffic\r\n(LHR), land use. Based on the AHP method, the priority criterion is pavement\r\ncondition (PCI) with a weight of 0.46. The next priority criteria is the level of road\r\nflatness (IRI) with a weight of 0.34 then average daily traffic (LHR) with a weight\r\nof 0.12 and land use criteria of 0.08. The order of priority road sections for handling\r\nroad damage is Bengkunat - Sanggi Road, Jalan Batas Kota Agung - Rantau Tijang,\r\nPugung - Simpang Gunung Kemala Road, Bengkulu - Pugung Boundary Road,\r\nWonosobo - Kota Agung Road, Rantau Tijang - Gedongtataan Road, Ir. Juanda\r\nRoad (Kota Agung), Biha - Bengkunat Road, Sanggi - Wonosobo Road.\r\nKeywords: Jalan Lintas Barat (jalinbar), AHP, and Prioritization of Road Damage"^^ . "2024-06-08" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "RAMADHAN"^^ . "SOFYAN "^^ . "RAMADHAN SOFYAN "^^ . . . . . . "ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN\r\nNASIONAL LINTAS BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE\r\n\r\nANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)\r\n\r\n(STUDI KASUS : JALAN LINTAS BARAT PADA SATUAN KERJA\r\nPELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI\r\n (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . . "ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN\r\nNASIONAL LINTAS BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE\r\n\r\nANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)\r\n\r\n(STUDI KASUS : JALAN LINTAS BARAT PADA SATUAN KERJA\r\nPELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI\r\n (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN\r\nNASIONAL LINTAS BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE\r\n\r\nANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)\r\n\r\n(STUDI KASUS : JALAN LINTAS BARAT PADA SATUAN KERJA\r\nPELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI\r\n (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . "HTML Summary of #81442 \n\nANALISIS PRIORITAS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN \nNASIONAL LINTAS BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE \n \nANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) \n \n(STUDI KASUS : JALAN LINTAS BARAT PADA SATUAN KERJA \nPELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI \n\n\n" . "text/html" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .