@misc{eprints81493, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA}, author = {MUSTIKA SARI ARUM }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81493/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan literasi sains pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran flipchart terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasinya 30 orang peserta didik dan sampel yang digunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media flipchart efektif meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,763 termasuk ke dalam klasifikasi tinggi dan terdapat perbedaan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen yang menggunakan media flipchart dengan kelas kontrol yang menggunakan media gambar dengan nilai uji-t sebesar 2,206. Kata kunci: kemampuan literasi sains, media pembelajaran, flipchart The problem in this research is the low scientific literacy skills of five grade students at SD Negeri 1 Metro Barat. This research aims to determine the effectiveness of flipchart learning media on students' scientific literacy abilities. The method used in this research is a quasi experiment with a non equivalent control group research design. The population was 30 students and the sample used was a saturated sample. Data collection techniques used test and non test techniques. The results of this research show that the application of flipchart media is effective in increasing students' scientific literacy skills with an N-Gain value of 0,763 which is included in the high classification and there is a difference in scientific literacy abilities between the experimental class that uses flipchart media and the control class that uses image media with a t-test of 2,206. Keywords: scientific literacy skills, learning media, flipchart} }