<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA\r\n\r\nMATERI BANGUN RUANG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik\r\nMatematika berbantuan QR-Code yang layak (valid, praktis dan efektif) dengan\r\ntujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa\r\nSekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE.\r\nPopulasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Pasuruan\r\nLampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas V. Teknik\r\npengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Kevalidan\r\npengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code\r\nberdasarkan penilaian dari 4 ahli yang memperoleh kategori sangat baik.\r\nKepraktisan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan\r\nQR-Code berdasarkan tanggapan guru dan siswa memperoleh kategori sangat\r\nbaik. Keefektifan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan\r\nmasalah matematis menggunakan uji effect size memperoleh skor Cohen’s d 0,72\r\ndengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis Media Pembelajaran Komik\r\nMatematika berbantuan QR-Code yang dikembangkan valid, praktis dan efektif\r\nuntuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah\r\ndasar.\r\n\r\nKata kunci: Komik, Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis, QR-\r\nCode\r\n\r\niii\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nDEVELOPMENT OF QR-CODE-ASSISTED MATHEMATICS COMICS\r\nLEARNING MEDIA TO IMPROVE SKILLS STUDENT\r\nMATHEMATICAL PROBLEM SOLVING\r\nBUILDING SPACE MATERIALS\r\n\r\nBy\r\n\r\nVianazir Juwita Rahmi\r\n\r\nThis research and development was aimed to develop decent QR-Code-assisted\r\nMathematics Comics Learning Media (valid, practical and effective) with the aim\r\nof improving the mathematical problem solving ability of elementary school\r\nstudents. This development research was edused the ADDIE design. The\r\npopulation in this study was elementary school at SD Negeri 2 Pasuruan, South\r\nLampung. The sample of this study was Class V Students. Data collection\r\ntechniques in this study were test and non-test techniques. The validity of the\r\ndevelopment of QR-Code-assisted Mathematics Comics Learning Media based\r\non the assessment of 4 experts who obtained very good category. The practicality\r\nof developing QR-Code-assisted Mathematics Comics Learning Media based on\r\neducator and students response to obtain excellent categories. The effectiveness of\r\ndevelopment to improve mathematical problem solving skills using the effect size\r\ntest obtained Cohen's d score of 0.72 in the middle category. Based on the results\r\nof the analysis of QR-Code-assisted Mathematics Comic Learning Media which\r\nwas developed valid, practical and effective to improve the mathematical problem\r\nsolving ability of elementary school students.\r\nKeywords: Mathematical Problem Solving, Learning Media, Comics, QR-Code"^^ . "2024-05-29" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "Juwita Rahmi"^^ . "Vianazir "^^ . "Juwita Rahmi Vianazir "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA\r\n\r\nMATERI BANGUN RUANG (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA\r\n\r\nMATERI BANGUN RUANG (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA\r\n\r\nMATERI BANGUN RUANG (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . "HTML Summary of #81539 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA \nBERBANTU QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN \nPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA \n \nMATERI BANGUN RUANG\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "510 Matematika" . .