%0 Generic %A RIMA , AISYAH SOLAIMAS %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:81587 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024 %U http://digilib.unila.ac.id/81587/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku membolos siswa yang tinggi di sekolah. Salah satu faktor pendukung perilaku membolos adalah lemahnya kontrol diri yang ada pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kontrol diri terhadap perilaku membolos siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 330 siswa dengan sampel sebanyak 77 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala kontrol diri dan skala perilaku membolos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel kontrol diri sebesar 0,001. Dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 ( < 0,05) maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh antara kontrol diri dengan perilaku membolos. Hal ini sesuai dengan hasil pada regresi linear sederhana dengan menguji nilai t yaitu t hitung > t tabel ((-5,379 > 2.377) yang berarti bahwa kontrol diri memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku membolos siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah kontrol diri, maka semakin tinggi perilaku membolos siswanya. Begitupun sebaliknya, semakin tinggi kontrol diri, maka semakin rendah perilaku membolos siswanya. Kata Kunci: bimbingan dan konseling, kontrol diri, perilaku membolos ii ABSTRACT THE INFLUENCE OF SELF-CONTROL ON THE TRUTCHING BEHAVIOR OF CLASS XI STUDENTS AT SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2023/2024 By RIMA AISYAH SOLAIMAS The problem in this research is the high level of student truancy behavior at school. One of the factors supporting truant behavior is students' weak self- control. This research aims to find out how much influence self-control has on the truancy behavior of class XI students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. The research method used is a quantitative method. The population in this study was 330 students with a sample of 77 students taken using purposive sampling techniques. Data collection in this study used a questionnaire with a self-control scale and a truant behavior scale. The research results show that the significance value of the self-control variable is 0.001. Where this value is smaller than 0.05 (<0.05), it can be interpreted that there is an influence between self-control and truancy behavior. This is in accordance with the results of simple linear regression by testing the t value, namely t count > t table ((-5.379 > 2.377) which means that self-control has a negative influence on students' truant behavior. So it can be concluded that the lower the self-control, the higher The higher the students' truant behavior. Vice versa, the higher the self-control, the lower the students' truant behavior. Key Words: counseling guidance, self-control, truant behavioral