<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "UPAYA DIPLOMASI BUDAYA THAILAND DALAM\r\nMENYEBARKAN THAI WAVE DI INDONESIA TAHUN 2015-2024\r\n"^^ . "Thailand dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik yang erat\r\nselama lebih dari 7 dekade, dan selama itu pula Thailand berupaya\r\nmengenalkan budayanya ke Indonesia. Namun, meski begitu, budaya Thailand\r\ntidak terlalu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Justru budaya dari negara\r\nlain yang lebih dikenal seperti Korea Selatan dan Jepang, yang bahkan\r\nhubungannya dengan Indonesia masih cenderung baru jika dibanding\r\nhubungan diplomatik Thailand dengan Indonesia. Hal tersebut dibuktikan\r\ndengan jumlah film asal Thailand yang tayang di Indonesia jauh lebih sedikit\r\ndibanding film asal negara lain. Hal tersebut mengindikasikan kesenjangan\r\npenerimaan konsepsi budaya oleh masyarakat Indonesia terhadap budaya\r\nThailand. Hal tersebut juga yang melatar belakangi penulis dalam melakukan\r\npenelitian mengenai apa saja upaya yang dilakukan Thailand selama ini dalam\r\nmengatasi permasaahan tersebut utamanya tentang upaya menyebarkan produk\r\nbudayanya di Indonesia.\r\nPenelitian ini menggunakan teori diplomasi budaya yang disampaikan\r\noleh Simon L. Mark, yang membangi diplomasi budaya kedalam empat elemen\r\nutama yaitu, aktor yang terlibat, kegiatan yang dilakukan, tujuan kegiatan dan\r\naudiens tertarget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif\r\n\r\ndengan data sekunder melalui studi literatur dari jurnal penelitian dan situs-\r\nsitus kredibel yang terkait.\r\n\r\nHasil penelitian ini memperlihatkan bahwa diplomasi budaya Thailand\r\nuntuk menyebarkan Thai Wave di Indonesia dilakukan oleh satu aktor utama\r\nyaitu, Kedutaan Besar Thailand di Indonesia. Aktor tersebut melakukan\r\nkegiatan promosi berupa acara festival, fan screening film, gala premiere film,\r\ndan promosi melalui media sosial. Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman\r\nsatu sama lain dan peluang kerja sama. Dan menyasar masyarakat umum di\r\nIndonesia untuk tertarik tentang Thailand lalu datang berkunjung, dan juga\r\naktor Pemerintah Indonesia untuk membuka peluang kerja sama baru.\r\nKata kunci: Diplomasi Budaya, Thai Wave, Kedutaan Besar Thailand di\r\nIndonesia\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nCULTURAL DIPLOMACY EFFORT OF THAILAND IN\r\nSPREADING THAI WAVE IN INDONESIA 2015-2024\r\n\r\nBy\r\n\r\nDEWI INDAH SARI\r\n\r\nThailand and Indonesia have had close diplomatic relations for more\r\nthan 7 decades, and during that time Thailand has tried to introduce its culture\r\nto Indonesia. However, even so, Thai culture is not very widely known by\r\nIndonesian people. In fact, the culture of other countries that are better known,\r\nsuch as South Korea and Japan, whose relations with Indonesia still tend to be\r\nnew compared to Thailand's diplomatic relations with Indonesia. This is\r\nproven by the fact that the number of films from Thailand that are shown in\r\nIndonesia is far less than films from other countries. This indicates a gap in the\r\nacceptance of cultural conceptions by Indonesian people towards Thai culture.\r\nThis is also the background for the author in conducting research on what\r\nefforts Thailand has made so far to overcome these problems, especially\r\nregarding efforts to spread its cultural products in Indonesia. This research uses\r\nthe theory of cultural diplomacy presented by Simon L. Mark, which divides\r\ncultural diplomacy into four main elements, namely, the actors involved, the\r\nactivities carried out, the objectives of the activities and the targeted audience.\r\nThis research uses qualitative research methods with secondary data through\r\nliterature studies from research journals and related credible sites. The results\r\nof this research show that Thailand's cultural diplomacy is to spread Thai Wave\r\nin Indonesia is carried out by one main actor, namely, the Thai Embassy in\r\nIndonesia. The actor carries out promotional activities in the form of festival\r\nevents, fan screening film, premiere gala films, and promotions via social\r\nmedia. Aims to increase understanding of each other and opportunities for\r\ncooperation. And targeting the general public in Indonesia to be interested in\r\nThailand and come to visit, and also Indonesian Government actors to open up\r\nnew cooperation opportunities.\r\nKeywords: Cultural Diplomacy, Thai Wave, Thai Embassy in Indonesia"^^ . "2024-06-07" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK "^^ . . . . . . . "INDAH SARI "^^ . "DEWI "^^ . "INDAH SARI DEWI "^^ . . . . . . "UPAYA DIPLOMASI BUDAYA THAILAND DALAM\r\nMENYEBARKAN THAI WAVE DI INDONESIA TAHUN 2015-2024\r\n (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . . "UPAYA DIPLOMASI BUDAYA THAILAND DALAM\r\nMENYEBARKAN THAI WAVE DI INDONESIA TAHUN 2015-2024\r\n (File PDF)"^^ . . . "UPAYA DIPLOMASI BUDAYA THAILAND DALAM\r\nMENYEBARKAN THAI WAVE DI INDONESIA TAHUN 2015-2024\r\n (File PDF)"^^ . . . "open[1]"^^ . . "HTML Summary of #81591 \n\nUPAYA DIPLOMASI BUDAYA THAILAND DALAM \nMENYEBARKAN THAI WAVE DI INDONESIA TAHUN 2015-2024 \n\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . .