%0 Thesis %9 Masters %A DIAN , SURYA VIRGAWATI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:81592 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/81592/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran project based learning dengan aplikasi canva terhadap minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK Negeri 1 Seputih Agung 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata post-test minat lebih besar yaitu 72,11 dengan pengujian hipotesis diperoleh sedangkan post-test minat belajar kelas control adalah 64,11 t-hitung sebesar 4,878 dengan signifikasi 0,000. Didapatkan t tabel dari db 38 pada taraf signifikasi 5 % adalah 1,729. Jadi nilai t hitung > t tabel (4,878 > 1,729) dan nilai signifikasinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Sedangkan post-test hasil belajar kelas eksperimen lebih besar yaitu 78,42 dan kelas control 73,16 dengan nilai t hitung sebesar 2,814 dengan signifikansi 0,000. Nilai t tabel dari db 38 adalah 1,729 Jadi dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel ( 2,814 > 1.729) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,005 (p = 0.000 > 0,05). Dengan demikian Ho ditolak yang berarti terdapat signifikasi pembelajaran project based learning dengan aplikasi canva dalam meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa. Kata Kunci : Project Based Learning, Aplikasi Canva, Minat Belajar, Hasil Belajar. ABSTRACT THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING TO INCREASE INTEREST AND LEARNING OUTCOMES IN HISTORY OF CLASS X STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG CENTRAL LAMPUNG By DIAN SURYA VIRGAWATI This research aims to determine the effect of project based learning with the Canva application on the interest and history learning outcomes of class X students at SMK Negeri 1 Seputih Agung 2023/2024. This research uses a quantitative approach with experimental research methods. The results of the research showed that the experimental class had a greater average post-test interest, namely 72.11, with hypothesis testing obtained, while the post-test interest in learning for the control class was 64.11, t-count of 4.878 with a significance of 0.000. The t table obtained from DB 38 at a significance level of 5% is 1.729. So the calculated t value > t table (4.878 > 1.729) and the significance value is less than 0.05 (p = 0.000 < 0.05). Meanwhile, the post-test learning results for the experimental class were greater, namely 78.42 and the control class 73.16 with a calculated t value of 2.814 with a significance of 0.000. The t table value from db 38 is 1.729. So it can be concluded that t count > t table (2.814 > 1.729) and the significance value is less than 0.005 (p = 0.000 > 0.05). Thus, Ho is rejected, which means there is significance in project based learning with the Canva application in increasing students' interest and learning outcomes in history. Keywords : Project Based Learning, Canva Application, Interest in Learning, Learning Results.