creators_name: Damar, Aji Mahendra creators_id: 1813052046 type: other datestamp: 2025-01-30 03:00:56 lastmod: 2025-01-30 03:00:56 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PESAWARAN TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai perilaku menunda dalam kegiatan penuntasan tugas disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas X MAN 1 Pesawaran. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel prokrastinasi akademik dan prestasi belajar. Sampel penelitian ini sebanyak 100 sampel diambil dengan teknik probability sampling pada siswa kelas X MAN 1 Pesawaran. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan studi dokumentasi data sekunder menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji korelasi product moment dengan menguji r hitung > r tabel. Adapun uji nilai r hitung > r tabel yaitu: prokrastinasi akademik (0,198 > 0,197), tugas (0,248 > 0,197), ulangan semester ganjil (0,237 > 0,197), ulangan harian 1 (0,227 > 0,197), ulangan harian 2 (0,196 > 0,197), dan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Maka ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas X MAN 1 Pesawaran. Hal ini menunjukkan jika prokrastinasi akademik tinggi maka prestasi belajar rendah. Sebaliknya jika prokrastinasi akademik rendah maka prestasi belajar tinggi. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Prestasi Belajar, Siswa Kelas X. The problem in this research is regarding delaying behavior in completing assignments at school. This research aims to determine the relationship between academic procrastination behavior and the learning achievement of class X students at MAN 1 Pesawaran. This research method is quantitative with a correlational method to determine the level of relationship between academic procrastination variables and learning achievement. The sample for this research was 100 samples taken using probability sampling techniques from class X students at MAN 1 Pesawaran. Data collection techniques used an academic procrastination scale and secondary data documentation studies used descriptive analysis. The research results show the results of the product moment correlation test by testing r count > r table. The test values for r calculated > r table are: academic procrastination (0.198 > 0.197), assignments (0.248 > 0.197), odd semester tests (0.237 > 0.197), daily test 1 (0.227 > 0.197), daily test 2 (0.196 > 0.197 ), and the significance value is less than 0.05. So it was found that there was a positive relationship between the variable academic procrastination and the learning achievement of class X students at MAN 1 Pesawaran. This shows that if academic procrastination is high then learning achievement is low. Conversely, if academic procrastination is low then learning achievement is high. Keywords: Academic Procrastination, Learning Achievement, Thenth Grade student date: 2024-01-18 date_type: published publisher: KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Damar, Aji Mahendra (2024) HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PESAWARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81614/1/open%5B5%5D document_url: http://digilib.unila.ac.id/81614/2/open%5B6%5D document_url: http://digilib.unila.ac.id/81614/3/open%5B6%5D