TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints81624 UR - http://digilib.unila.ac.id/81624/ A1 - LEZA , ARMANDA Y1 - 2024/03/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi orang tua dengan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 279 anak. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 70 orang tua dan anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat interaksi orang tua yaitu menggunakan angket, sedangkan untuk keterampilan berbicara pada anak dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji korelasi dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara interaksi orangtua dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun, hal tersebut ditunjukkan dengan skor koefisiensi sebesar 0,751% dengan tingkat hubungan yang erat yang berarti bahwa interaksi orang tua memiliki hubungan dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: interaksi orang tua, keterampilan berbicara, anak usia 5-6 tahun. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF PARENTS INTERACTION WITH SPEECH SKILLS IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS BERINGIN ISLAND DISTRICT BY LEZA ARMANDA This study aims to determine the relationship between parental interactions and speaking skills in children aged 5-6 years. This research uses a quantitative approach with a correlation method. The population in this study was 279 children. The sampling technique in this study used a random sampling technique with a total research sample of 70 parents and children aged 5-6 years. The data collection technique used to observe parental interactions is using a questionnaire, while for children's speaking skills it is carried out by observation. This research data analysis technique uses a correlation test using the Pearson product moment correlation formula. The results of the research show that there is a relationship between parental interaction and the speaking skills of children aged 5-6 years, this is indicated by a coefficient score of 0.751% with a close relationship level, which means that parental interaction has a relationship with the speaking skills of children aged 5-6 years. Keywords: parental interaction, speaking skills, children aged 5-6 years. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN INTERAKSI ORANG TUA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN AV - restricted ER -