TY - THES ID - eprints81638 UR - http://digilib.unila.ac.id/81638/ A1 - HANNA BENEDICTA , SIMANJUNTAK Y1 - 2025/01/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-LKPD berdiferensiasi terintegrasi HOTS multiple intelligences yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Mesuji tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli, angket tanggapan pendidik dan peserta didik, soal pretest-postest, lembar refleksi pembelajaran dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t terhadap nilai n-Gain peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem dalam pembelajaran materi sistem pencernaan dengan persentase kevalidan oleh validator ahli sebesar 95%, persentase kepraktisan penggunaan dalam pembelajaran oleh peserta didik sebesar 95%, persentase kepraktisan penggunaan dalam pembelajaran oleh pendidik sebesar 100%, dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem tinggi dengan n-Gain sebesar 0.75 dan nilai effect size dengan kriteria besar yaitu 0.95, serta keterlaksanaan pembelajaran sangat tinggi sebesar 87,19%. Kata kunci: e-LKPD, berdiferensiasi, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), multiple intelligences, kemampuan berpikir sistem. This research aims to produce teaching materials in the form of differentiated e- LKPD integrated with HOTS multiple intelligences that are valid, practical and effective in improving systems thinking abilities. The research method used is R&D which refers to the Borg and Gall development model. The population in this study were all class VIII students at SMPN 1 Mesuji for the 2024/2025 academic year. The sampling technique in this research used purposive sampling so that class VIIIA was obtained as the experimental class and VIIIB as the control class. The data collection instruments in this research were a questionnaire for analysis of the needs of educators and students, an expert validation questionnaire, a questionnaire for responses from educators and students, pretest-posttest questions, learning reflection sheets and learning implementation sheets. The data analysis technique used in this research is the t-test on students' n-Gain values. The results of the research show that the resulting product can be used to improve systems thinking skills in learning digestive system material with a percentage of validity by expert validators of 95%, a percentage of practical use in learning by students of 95%, a percentage of practical use in learning by educators of 100 %, and effectiveness in improving high system thinking skills with n-Gain of 0.75 and effect size value with large criteria, namely 0.95, and very high learning implementation of 87.19%. Keywords: e-LKPD, differentiated, high level thinking skills (HOTS), multiple intelligences, systems thinking ability. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN e-LKPD BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI HOTS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM AV - restricted EP - 2147483647 ER -