%A Lathivah Villa %T KESANTUNAN BERBAHASA GURU OLAHRAGA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan bertutur guru olahraga dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Kotabumi Lampung Utara. Urgensi penelitian ini berkaitan dengan kompetensi sosial dan kepribadian guru yang selaras dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan guru olahraga di SMAN 2 Kotabumi Lampung Utara. Data penelitian ini berupa tuturan guru olahraga yang mengandung kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan teknik rekam dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik padan atau teknik PUP (pilah unsur penentu). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tuturan guru olahraga yang mengandung kesantunan berbahasa, meliputi: (1) strategi langsung (bald on record) dicerminkan guru melalui pemanfaatan kekuasaan yang diwujudkan melalui pemberian perintah secara langsung kepada siswa, (2) strategi kesantunan positif (positive politeness) diwujudkan ketika guru memberikan perhatian, pujian, dan apresiasi pada siswa, (3) strategi kesantunan negatif (negative politeness) diwujudkan ketika guru menunjukkan adanya jarak sosial melalui pemberian perintah, saran, atau teguran, (4) strategi tidak langsung (off record) yang dicerminkan oleh tuturan guru yang samar-samar melalui pemberian isyarat ataupun majas, dan (5) strategi tanpa komentar (don?t do the FTA) yang diwujudkan melalui tindakan diam. Data tuturan paling banyak ditemukan pada strategi kesantunan positif (positive politeness) dan paling sedikit pada strategi tanpa komentar atau diam (don?t do the FTA). Kata Kunci: kesantunan BL, strategi kesantunan positif, strategi tidak langsung. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81653