%A Dwi Mukti Novian %T PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024 %X Permasalahan pada penelitian ini adalah rasa percaya diri siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di SMAN 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif Pre-Eksperiment dengan menggunakan teknik One Group Pretest and Posttest design. Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas X E 3 dan diperoleh subjek sebanyak 8 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala rasa percaya diri. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X E 3 dibuktikan dengan perolehan nilai Z hitung = -2,524; < Z tabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat menigkatkan rasa percaya diri di SMAN 5 Bandar Lampung. Kata Kunci : bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diri, siswa The problem in this research is students' low self-confidence. The aim of this research is to find out whether the sociodrama technique group guidance service is effective in increasing students' self-confidence at SMAN 5 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. The method used in this research is the quantitative Pre-Experiment method using the One Group Pretest and Posttest techniques. The population of this study consisted of 30 students in class X E 3 and the subject obtained were 8 students who where taken using a purposive sampling technique. The data collection technique uses a self-confidence scale. The data analysis technique uses the Wilcoxon test. The results of the research show that the guidance of the sociodrama technique group can increase the self-confidence of students in class < Z table = 1.645 then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the sociodrama technical group guidance service can increase self-confidence at SMAN 5 Bandar Lampung. Keyword: group guidance, sociodrama technique, self-confidence, students %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81673