%A Dwiyanti Endri %T ANALISIS HOTS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN DALAM PENGGUNAAN LEMBAR KERJA ARGUMENTATIF LIVEWORKSHEET MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis HOTS peserta didik pada materi Struktur Jaringan Tumbuhan dalam penggunaan lembar kerja argumentatif Liveworksheet melalui model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Metro. Sampel dicuplik dari populasi secara simple random sampling dan diperoleh 60 peserta didik, terbagi ke dalam dua kelas kelas ekaperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kognitif taksonomi tingkat Bloom C4, C5, dan C6, serta angket tanggapan peserta didik. Pengaruh penggunaan lembar kerja argumentatif liveworksheet melalui model Discovery Learning diuji menggunakan uji-t. Tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. Terdapat perbedaan HOTS yang signifikan antara penggunaan model Discovery Learning dan lembar kerja argumentatif liveworksheet dengan model Discovery Learning tanpa lembar kerja argumentatif liveworksheet. Kemampuan HOTS yang tertinggi adalah kemampuan mengevaluasi (N-gain 0,62) diperoleh pada kelas eksperimen. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 1,3 dengan kategori besar. Selain itu, diperoleh juga hasil angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan lembar kerja argumentatif Liveworksheet melalui model Discovery Learning didapatkan hampir semua peserta didik (82,33%) memberikan tanggapan positif. Kata Kunci : High Order Thinking Skill, Lembar Kerja Argumentatif Liveworksheets, Model Discovery Learning, Struktur Jaringan Tumbuhan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81674