TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints81732 UR - http://digilib.unila.ac.id/81732/ A1 - Elenna, Wardani Y1 - 2025/01/14/ N2 - Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifitas model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan smart risk-taking behavior pada materi garam menghidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian kelas XI.4 sebagai kelas eksperimen dan XI.11 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata-rata pada rata-rata n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh ?besar? dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 91% sedangkan smart risk-taking behavior sebesar 90%. Kata kunci: garam menghidrolisis, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran SiMaYang, smart risk-taking behavior PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS AV - restricted ER -