?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013023028&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING%0D%0A+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+%0D%0ASELF+EFFICACY+PADA+MATERI+ASAM+BASA%0D%0A&rft.creator=Jenika%2C+Kusuma+Anggraini+&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=373+Pendidikan+menengah%3B+sekolah+tingkat+lanjutan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+%0D%0Adiscovery+learning+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+dan+self+efficacy+pada+materi+asam+basa.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+pretest-postest+control+group+design.+Populasi+dalam+%0D%0Apenelitian+ini+adalah+siswa+kelas+XI+SMA+Negeri+14+Bandar+Lampung+tahun+%0D%0Aajaran+2024%2F2025.+Pengambilan+sampel+penelitian+dilakukan+dengan+teknik+cluster+random+sampling+dan+diperoleh+kelas+XI.12+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+X1.11+sebagai+kelas+kontrol.+Teknik+analisis+data+menggunakan+uji+perbedaan+dua+%0D%0Arata-rata+dan+uji+effect+size+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dan+self+efficacy+%0D%0Asiswa.+Hasil+uji+menunjukkan+bahwa+rata-rata+n-Gain+kemampuan+berpikir+kritis+%0D%0Adan+self+efficacy+siswa+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol.+%0D%0ARata-rata+n-Gain+kemampuan+berpikir+kritis+pada+kelas+eksperimen+yaitu+sebesar+%0D%0A0%2C73+dengan+kriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+sedangkan+kelas+kontrol+yaitu+sebesar+0%2C60+dengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Kemudian+rata-rata+n-Gain+self+efficacy+pada+kelas+eksperimen+%0D%0Ayaitu+sebesar+0%2C60+dengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+dan+kelas+kontrol+yaitu+sebesar+0%2C33+%0D%0Adengan+kriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Ukuran+pengaruh+model+pembelajaran+discovery+%0D%0Alearning+dihitung+dengan+menggunakan+uji+effect+size.+Hasil+uji+ini+menunjukkan+%0D%0Abahwa+94%25+tingginya+kemampuan+berpikir+kritis+dan+97%25tingginya+self+efficacy%0D%0A+siswa+dipengaruhi+oleh+model+pembelajaran+discovery+learning+dengan+kriteria+%0D%0Abesar.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+discovery+learning%2C+kemampuan+berpikir+kritis%2C+self+efficacy%2C+asam+basa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-01-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81736%2F1%2F1.ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81736%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81736%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Jenika%2C+Kusuma+Anggraini+++(2025)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SELF+EFFICACY+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81736%2F