%A Deagustami Raysa %T PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PjBL BERBANTU APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG %X Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini telah membawa perubahan signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pembelajaran geografi berbasis PjBL dengan berbantu aplikasi TikTok dirancang untuk sebagai media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran geografi berbasis PjBL berbantu aplikasi TikTok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 yang berjumlah 32 orang dan guru bidang studi geografi sebanyak 2 orang. Pelaksanaan pembelajaran melibatkan perancangan projek kreatif berbantu aplikasi TikTok, di mana peserta didik memanfaatkan fitur-fitur pada aplikasi TikTok untuk menghasilkan konten edukatif yang relevan dengan materi pembelajaran geografi dengan sub materi vulkanisme. Hasil analisis menunjukkan penggunaan aplikasi TikTok dengan menggunakan model PjBL 71, 67 % dan tergolong kreatif pada indikator kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada aspek fluency 78,75% dikarenakan peserta didik mampu berfikir lancar dan mengerjakan projek secara efisien, aspek aspek elaborasi 75 % menunjukkan kemampuan peserta didik mengembangkan ide projek yang lebih rinci, aspek evaluation 73,33 % peserta didik mampu mengevalusi dan mencari solusi projek dengan baik, ketiga aspek tersebut termasuk kategori kreatif, sementara persentase paling rendah adalah aspek originality 60,83% dan aspek flexibility termasuk kurang kreatif dikarenakan diperlukan peningkatan untuk menciptakan ide-ide yang tidak difikirkan sebelumnya. Pembelajaran geografi berbasis PjBL berbantu aplikasi TikTok TikTok sesuai 5 indikator kemampuan berfikir kreatif ternyata tidak semua peserta didik kreatif pada semua indikator, pada aspek originality dan flexibility peserta didik perlu adanya peningkatan. Dengan demikian pembelajaran geografi berbasis PjBL berbantu aplikasi TikTok mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan dapat dijadikan media pembelajaran yang baik dan inovatif, konten-konten yang disajikan menarik, berdurasi singkat serta mampu memperkaya pengalaman belajar dengan teknologi digital. Kata Kunci : Pembelajaran Geografi, PJbL, Aplikasi TikTok, Kemampuan Berpikir Kreatif. The development of technology and science today has brought significant changes in efforts to improve students' creative thinking skills. PjBL-based geography learning with the help of TikTok application is designed as an innovative learning media. This study aims to analyze PjBL-based geography learning assisted by TikTok application to improve students' creative thinking skills at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. The research method used is a qualitative approach. The subjects of this study were X5 class students totaling 32 people and 2 geography teachers. The implementation of learning involves designing creative projects assisted by the TikTok application, where students utilize the features of the TikTok application to produce educational content relevant to geography learning material with volcanism sub-materials. The results of the analysis show that the use of the TikTok application using the PjBL model is 71.67% and is classified as creative in the indicators of students' creative thinking abilities in the fluency aspect 78.75% because students are able to think fluently and work on projects efficiently, the elaboration aspect 75% shows the ability of students to develop more detailed project ideas, the evaluation aspect 73.33% of students are able to evaluate and find project solutions well, all three aspects are in the creative category, while the lowest percentage is the originality aspect 60.83% and the flexibility aspect is less creative because improvement is needed to create ideas that have not been thought of before. PjBL-based geography learning assisted by TikTok TikTok application according to 5 indicators of creative thinking skills, it turns out that not all students are creative in all indicators, in the originality and flexibility aspects of students need to be improved. Thus, PjBL-based geography learning assisted by the TikTok application is able to improve students' creative thinking skills and can be used as a good and innovative learning media, the content presented is interesting, short in duration and able to enrich the learning experience with digital technology. Keywords: Geography Learning, PJbL, TikTok Application, Creative Thinking Ability. %D 2024 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints81767