%A Nurul Hidayah Safitri %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Metro tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil melalui teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data KPS dan smart risk-taking behavior siswa dilakukan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata N-gain KPS dan N-gain smart risk-taking behavior siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji effect size terhadap KPS sebesar 0,98 dan smart risk-taking behavior sebesar 0,93 dengan kriteria efek besar yang mengindikasikan bahwa penerapan model discovery learning berbasis etnosains berpengaruh terhadap KPS serta smart risk-taking behavior siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan KPS dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013023011 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81778