?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013023055&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING%0D%0AUNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK%0D%0APADA+MATERI+GARAM+MENGHIDROLISIS&rft.creator=Ega%2C+Dwi+Anggraini&rft.subject=373+Pendidikan+menengah%3B+sekolah+tingkat+lanjutan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+discovery+learning+dalam+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+pada+materi+garam+menghidrolisis.+Populasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+XII+1%0D%0Asampai+XII+8+SMAN+1+Natar+Tahun+Ajaran+2023%2F2024+dengan+sampel+penelitian+kelas+XII+7+sebagai+kelas+kontrol+dan+kelas+XII+8+sebagai+kelas+eksperimen+yang+ditentukan+menggunakan+teknik+purposive+sampling.+Desain+pada+penelitian+ini+menggunakan+the+matching-only+pretest-posttest+control+group+design.+Pengujian+hipotesis+menggunakan+uji+kesamaan+dua+rata-rata+yaitu+Mann-Withney+U+dan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+yaitu+menggunakan+uji+Independent+Samples+T-Test.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+n-Gain+keterampilan+berpikir+kritis+kelas+%0D%0Aeksperimen+lebih+tinggi+daripada+rata-rata+n-Gain+keterampilan+berpikir+kritiskelas+kontrol.+Hasil+uji+perbedaan+dua+rata-rata+menunjukkan+adanya+perbedaan+%0D%0Arata-rata+n-Gain+yang+berbeda+secara+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol%2C+sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+model+discovery+learning+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+garam+menghidrolisis.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+discovery+learning%2C+garam+menghidrolisis%2C+keterampilan+berpikir+kritis%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2024-12-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81780%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81780%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81780%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Ega%2C+Dwi+Anggraini++(2024)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+GARAM+MENGHIDROLISIS.++Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81780%2F