?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024033&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PEMBELAJARAN+PJBL+TERINTEGRASI+DENGAN+STEM+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+DAN+SELF-EFFICACY+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+BIOTEKNOLOGI&rft.creator=Sarwinda+Tita+Kusuma%2C+Wardani&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pengaruh+penerapan+pembelajaran+PjBL+terintegrasi+dengan+STEM+terhadap+hasil+belajar+kognitif+dan+self-efficacy+peserta+didik+pada+materi+bioteknologi.+Penelitian+dilaksanakan+pada+semester+genap+di+SMPN+3+Ketapang.+Desain+penelitian+yang+digunakan+yaitu+quasi+eksperiment+dengan+teknik+pretest-posttest+non-equivalent+control+group+design.+Sampel+penelitian+ini+berjumlah+58+peserta+didik+yang+terdiri+dari+kelas+9C+sebagai+kelas+kontrol+untuk+metode+pembelajaran+diskusi+saintifik%2C+dan+kelas+9D+sebagai+kelas+eksperimen+dengan+pembelajaran+PjBL+terintegrasi+dengan+STEM.+Data+hasil+belajar+kognitif+didapatkan+dari+hasil+%C2%ACpretest-posttest+yang+kemudian+dianalisis+menggunakan+teknik+Independent+Sample+T-test+dengan+bantuan+SPSS+Statistic+Version+27.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+pada+taraf+signifikansi+0%2C05+didapatkan+nilai+Sig.+(2-tailed)+0%2C00+%3C0%2C05+yang+berarti+H0+ditolak.+Sedangkan+data+self-efficacy+diperoleh+dari+hasil+perhitungan+lembar+angket+self-efficacy+peserta+didik.+Hasil+analisis+kemampuan+self-efficacy+pada+kelas+eksperimen+mendapat+skor+77%2C5%25+pada+indikator+level+dengan+kategori+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D%2C++68%2C27%25+pada+indikator+strength+dengan+kategori+%E2%80%9Ccukup+tinggi%E2%80%9D+dan+64%2C65%25+pada+indikator+generality+dengan+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Sedangkan+pada+kelas+kontrol+diperoleh+skor+52%2C08%25+pada+indikator+level+dengan+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D%2C+47%2C83%25++pada+indikator+strength+dengan+kategori+%E2%80%9Ccukup+rendah%E2%80%9D%2C+dan+47%2C16%25+pada+indikator+generality+dengan+kategori+%E2%80%9Ccukup+rendah%E2%80%9D.+Selain+itu+didapatkan+hasil+uji+effect+size+sebesar+3%2C49+dengan+kriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+bahwa+terdapat+pengaruh+pembelajaran+PjBL+terintegrasi+dengan+STEM+terhadap+hasil+belajar+kognitif+dan+self-efficacy+peserta+didik+pada+materi+bioteknologi.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3ABioteknologi%2C+Hasil+Belajar+Kognitif%2C+PjBL-STEM%2C+Self-Efficacy%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81813%2F1%2FABSTRAK_SARWINDA%2520TITA%2520KUSUMA%2520WARDANI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81813%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL_SARWINDA%2520TITA%2520KUSUMA%2520WARDANI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81813%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN_SARWINDA%2520TITA%2520KUSUMA%2520WARDANI.pdf&rft.identifier=++Sarwinda+Tita+Kusuma%2C+Wardani++(2024)+PENGARUH+PEMBELAJARAN+PJBL+TERINTEGRASI+DENGAN+STEM+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+DAN+SELF-EFFICACY+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+BIOTEKNOLOGI.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81813%2F