creators_name: Sarwinda Tita Kusuma, Wardani creators_id: 2013024033 type: other datestamp: 2025-02-03 02:16:55 lastmod: 2025-02-03 02:16:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI ispublished: pub subjects: 370 subjects: 500 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap hasil belajar kognitif dan self-efficacy peserta didik pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 3 Ketapang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari kelas 9C sebagai kelas kontrol untuk metode pembelajaran diskusi saintifik, dan kelas 9D sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM. Data hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil ¬pretest-posttest yang kemudian dianalisis menggunakan teknik Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS Statistic Version 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Sedangkan data self-efficacy diperoleh dari hasil perhitungan lembar angket self-efficacy peserta didik. Hasil analisis kemampuan self-efficacy pada kelas eksperimen mendapat skor 77,5% pada indikator level dengan kategori “tinggi”, 68,27% pada indikator strength dengan kategori “cukup tinggi” dan 64,65% pada indikator generality dengan kategori “sedang”. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor 52,08% pada indikator level dengan kategori “sedang”, 47,83% pada indikator strength dengan kategori “cukup rendah”, dan 47,16% pada indikator generality dengan kategori “cukup rendah”. Selain itu didapatkan hasil uji effect size sebesar 3,49 dengan kriteria “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap hasil belajar kognitif dan self-efficacy peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci :Bioteknologi, Hasil Belajar Kognitif, PjBL-STEM, Self-Efficacy date: 2024-12-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013024033 citation: Sarwinda Tita Kusuma, Wardani (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81813/1/ABSTRAK_SARWINDA%20TITA%20KUSUMA%20WARDANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81813/2/SKRIPSI%20FULL_SARWINDA%20TITA%20KUSUMA%20WARDANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81813/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN_SARWINDA%20TITA%20KUSUMA%20WARDANI.pdf