%A RATU AKBAR SULAIMAN %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung, sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif jenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control group untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komik digital berbasi guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan pretest-postest dan angket tanggapan peserta didik. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa nilai N-gain dari pretest-postest kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan dalam penggunaan komik digital berbasis guided discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik, dengan hasil uji hipotesis 0,000<0,05. Peningkatan kemampuan literasi sains diuji menggunakan uji effect size dengan perolehan nilai 1,43 yang masuk ke dalam kategori besar. Kata kunci: Guided discovery learning, kemampuan literasi sains, komik digital, sistem ekskresi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints81817