creators_name: Alfina , Damayanti creators_id: 1913021027 type: other datestamp: 2025-02-03 02:42:59 lastmod: 2025-02-03 02:42:59 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) ispublished: pub subjects: 506 subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar sebanyak 247 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII H. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh siswa kelas VIII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05, diketahui bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Kata Kunci : guided discovery learning, kemampuan representasi matematis siswa, pengaruh date: 2024-08-21 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Alfina , Damayanti (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81824/1/1_ABSTRAK%20-%20Alfina%20Damayanti.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81824/2/2_SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN_removed%20-%20Alfina%20Damayanti.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81824/3/3_skripsi%20tanpa%20pembahasan%20-%20Alfina%20Damayanti.pdf