%0 Generic %A SRI, ANDINI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:81830 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 11 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/81830/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan belajar dan inetraksi sosial peserta didik. Rendahnya kedisiplinan belajar tersebut dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang kurang bijak dan karena penggunaan gadget peserta didik menjadi lebih ke individualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap disiplin belajar dan interaksi sosial peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD negeri 11 Metro Pusat yang berjumlah 61. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji MANOVA Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap disiplin belajar dan interaksi sosial berpengaruh secara positif. Saran peneliti bahwa pendidik harus meningkatkan disiplin belajar peserta didik dan mengarahkan peserta didik agar menggunakan gadget dengan positif. Sekolah dapat bekerja sama dengan orang tua agar menerapkan kedisiplinan belajar dan menjaga interaksi serta mengawasi penggunaan gadget dirumah. The problem of this research is the low level of learning discipline and social interaction of students. The low level of learning discipline is influenced by the use of gadgets that are not wise enough and because students' use of gadgets becomes more individualistic. This research aims to determine the effect of the intensity of gadget use on the learning discipline and social interaction of class V students at SD Negeri 11 Metro Pusat. This research is quantitative research with an ex post facto method. The research population was all 61 class V students at SD Negeri 11 Metro Pusat. Data collection techniques used unstructured interviews, questionnaires and documentation. Data analysis techniques, prerequisite tests using normality and homogeneity tests and research hypothesis testing using simple linear regression tests and MANOVA tests. The results of the research show that there is an influence of the intensity of gadget use on learning discipline and social interaction has a positive effect. The researcher's suggestion is that educators must improve students' learning discipline and direct students to use gadgets positively. Schools can work together with parents to implement learning discipline and maintain interaction and monitor the use of gadgets at home.