TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints81831 UR - http://digilib.unila.ac.id/81831/ A1 - Eko , Ardiyanto Y1 - 2024/08/19/ N2 - Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dan VIII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik tes dalam pengumpulan data. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa median data gain kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sama dengan median data gain kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pendekatan saintifik. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan kontekstual tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, kontekstual, pengaruh PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) AV - restricted ER -