@misc{eprints81835, month = {Agustus}, title = {PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)}, author = { Neliya Muchlis Angely}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/81835/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Bandar Lampung sebanyak 461 siswa yang terdistribusi ke dalam empat belas kelas yaitu VII U1 sampai VII K. Sampel penelitian ini adalah kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII K sebagai kelas kontrol, sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTsN 2 Bandar Lampung. Kata kunci : inkuiri terbimbing, pemahaman konsep matematis, pengaruh. This study aims to determine the effect of guided inquiry learning model on students' mathematical concept understanding ability. The population of this study is all students of grade VII MTsN 2 Bandar Lampung as 461 students are distributed into fourteen classes namely VII U1 to VII K. The sample of this research is class VII I as an experimental class and class VII K as a control, the sample are selected with the cluster random sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Based on the results of the Mann-Whitney U test, it was obtained that the improved ability to understand mathematical concepts of students who follow the learning with the inquiry model is higher than the improvement in the understanding of the mathematics concept of students that follow conventional learning, so it can be concluded that the learning model of inquisition has an influence on the ability to comprehend mathematic concepts for students of grade VII MTsN 2 Bandar Lampung. Keywords: guided inquiry, influence, understanding of mathematical concepts.} }