?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913024002&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+E-WORKSHEET+BERBASIS+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+EFIKASI+DIRI+PESERTA+DIDIK&rft.creator=Vevy+Anggraini%2C+Anggraini&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+bagaimana+pengaruh+e-worksheet+berbasis+PBL+terhadap+keterampilan+berpikir+kritis+dan+efikasi+diri+peserta+didik+kelas+X+SMA+Negeri+1+Negeri+Katon+tahun+ajaran+2023%2F2024+pada+materi+perubahan+lingkungan.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+quasy+experiment+dengan+desain+Pretest-Posttest+Nonequivalent+Control+Group+Design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+berjumlah+87+peserta+didik.+Sampel+penelitian+berjumlah+58+peserta+didik+yang+terdiri+dari+kelas+X+MIPA+1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X+MIPA+2+sebagai+kelas+kontrol+dan+pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+random+sampling.+Kelas+eksperimen+menggunakan+e-worksheet+berbasis+PBL%2C+sedangkan+kelas+kontrol+menggunakan+metode+diskusi.+Data+keterampilan+berpikir+kritis+didapatkan+dari+hasil+pretest-posttest+yang+dianalisis+menggunakan+uji+statistik+Independent+sample+t-test.+Hasil+penelitian+menunjukkan+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+e-worksheet+berbasis+PBL+memperoleh+rata-rata+skor+N-Gain+sebesar+0%2C65+dengan+kategori+sedang+dan+kelas+kontrol+memperoleh+rata-rata+skor+N-Gain+sebesar+0%2C40+dengan+kategori+sedang.+Uji+statistik+Independent+sample+t-test+terhadap+skor+N-Gain+siswa+menunjukkan+hasil+Sig.+(2-tailed)+0%2C000+%3C+0%2C05+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+yang+signifikan+pada+rata-rata+peningkatan+keterampilan+berpikir+kritis+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Data+efikasi+diri+didapatkan+dari+angket+pada+pertemuan+awal+dan+pertemuan+akhir.+Hasil+penelitian+menunjukkan+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+e-worksheet+berbasis+PBL+memperoleh+rata-rata+skor+sebesar+73%2C47+dengan+kategori+tinggi+dan+kelas+kontrol+memperoleh+rata-rata+skor+sebesar+61%2C61+dengan+kategori+sedang.+Data+efikasi+diri+dianalisis+secara+deskriptif+dengan+mencocokkan+perolehan+rata-rata+skor+pada+tabel+kriteria.+Rata-rata+skor+efikasi+diri+menunjukkan+bahwa+kelas+eksperimen+memperoleh+skor+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol.+Dengan+demikian+penerapan+e-worksheet+berbasis+PBL+berpengaruh+dalam+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+dan+efikasi+diri+peserta+didik.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+E-worksheet%2C+PBL%2C+Keterampilan+Berpikir+Kritis%2C+Efikasi+Diri&rft.publisher=+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2024-12-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81846%2F1%2F1_ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81846%2F2%2F2_SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81846%2F3%2F3_SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Vevy+Anggraini%2C+Anggraini++(2024)+PENGARUH+E-WORKSHEET+BERBASIS+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+EFIKASI+DIRI+PESERTA+DIDIK.+++Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F81846%2F