creators_name: Vevy Anggraini, Anggraini creators_id: 1913024002 type: other datestamp: 2025-02-03 08:21:30 lastmod: 2025-02-03 08:21:30 metadata_visibility: show title: PENGARUH E-WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 370 subjects: 500 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-worksheet berbasis PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Negeri Katon tahun ajaran 2023/2024 pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas eksperimen menggunakan e-worksheet berbasis PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data keterampilan berpikir kritis didapatkan dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji statistik Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan e-worksheet berbasis PBL memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Uji statistik Independent sample t-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data efikasi diri didapatkan dari angket pada pertemuan awal dan pertemuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan e-worksheet berbasis PBL memperoleh rata-rata skor sebesar 73,47 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 61,61 dengan kategori sedang. Data efikasi diri dianalisis secara deskriptif dengan mencocokkan perolehan rata-rata skor pada tabel kriteria. Rata-rata skor efikasi diri menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian penerapan e-worksheet berbasis PBL berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik. Kata kunci: E-worksheet, PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Efikasi Diri date: 2024-12-16 date_type: published publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1913024002 citation: Vevy Anggraini, Anggraini (2024) PENGARUH E-WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/81846/1/1_ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81846/2/2_SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/81846/3/3_SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf